Monday, February 28, 2011

Pentingnya Loading Time pada Website

Tugas Desain Web dan Animasi
Dosen : Achmad Bachris
Oleh : Suhepi Saputri (1309220492/TKJ4B)


Dalam memperindah suatu website, banyak tools dan gadget pada website yang kita gunakan. Tetapi seiring dengan banyaknya tools dan gadget tersebut kita lupa akan size (ukuran) website kita, yang berakibat pada bertambahnya lama loading yang kita perlukan dalam membuka website.

Kecepatan website merupakan salah satu bagian penting dalam optimasi website bagi user maupun search engine. Semakin cepat website diakses, semakin sedikit waktu yang dihabiskan oleh user untuk menunggu, dengan ini mereka akan merasa nyaman menjelajahi website anda. Tetapi semakin lama mereka harus menunggu, maka kebanyakan dari user akan berpindah ke website lain, karena umumnya mereka tidak ingin menghabiskan waktu menunggu loading website.

Oia, sebelumnya saya jelaskan dulu apa yang dimaksud dengan loading time pada website. Loading time adalah waktu yang diperlukan suatu website untuk membuka konten-konten dalam website tersebut. Seorang admin web tentu tidak ingin viewer cepat-cepat meninggalkan webnya. Nah, untuk membuat para user tidak bosan akibat lamanya loading time website kita, beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu.

• Pastikan anda tidak menggunakan terlalu banyak PLUGIN.

• Gunakan GAMBAR seperlunya dan tidak terlalu besar.
Gambar pada setiap artikel anda atau gambar theme juga perlulah dioptimize karena jika gambar yang digunakan berkualitas tinggi, ini sebenarnya akan memberikan kesan kepada pengguna broadband (maxis, digi, celcom). Mereka ini menggunakan gelombang, jadi untuk loading semua data di website anda akan mengambil masa yang lama. Terlalu banyak gambar juga memberikan efek penuh pada halaman website selain memperpanjang loading time.

• Pastikan anda tidak menggunakan terlalu banyak WIDGET.
Sebaiknya hindari pemakaian widget yang berlebihan bila tidak memeberikan manfaat. Belum tentu user suka dengan widget yang kita pasang

• Mengunakan READ MORE pada setiap artikel anda.
Kelebihan menggunakan “read more” adalah artikel anda yang terlalu panjang akan dipendekkan supaya keseluruhan artikel anda tidak ditunjukkan di muka hadapan website anda. Ini dapat memangkas masa loading website anda.

• Pemilihan SERVER HOSTING yang terdekat atau mengikut TARGET
sebelum anda membeli hosting, pastikan anda lihat siapa target user anda? Jika market terbesar website anda adalah orang Malaysia, jadi saya sarankan anda gunakan server hosting yang berada di Malaysia. Server hosting yang dekat dapat memangkas masa dan melajukan loading website.

Standar size suatu website yang baik adalah 100kb. Silahkan cek website anda di sini



Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)


 


(eg.iwebtool.com)

 
 


 


Read More..

Wednesday, February 9, 2011

Update Status Twitter di Outlook

Takut ketahuan dosen, padahal Anda ingin update status Twitter??
Jangan panik. Gunakan TwInbox untuk update status Twitter Anda


1. Klik kanan aplikasi TwInbox, plih Open



2. Pada jendela instalasi, klik Next

3. Centang 1 Accept pada jendela lisensi, klik Next


4. Pilih lokasi instalasi, dan klik install


5. Tekan tombol finish


6. Jalankan Microsoft Outlook, klik TwInbox | Options


7. Pada jendela sambutan, klik Next



8. Masukkan username dan password account Twitter Anda

9. Tekan tombol Select Folder

10. Pilih Inbox pada kolom kanan, klik OK

11. Klik Twinbox | Post a New Tweet

12. Masukkan update status anda, klik Tweet

13. Skarang status Twitter Anda telah ter-update

14. Slamat Mencoba ^o^
Read More..

Tuesday, February 8, 2011

SOCIAL ENGINEERING


Tidak ada manusia yang sempurna, dan social engineering mencoba menggali sebanyak mungkin kelemahan manusia.

Sebagian kasus pencurian account, sistem yang diambil alih, ataupun penetrasi malware pada sistem komputer, dapat terjadi karena korban terkecoh oleh social engineering, dan bagaimana ia dapat masuk, dan mengancam sistem ataupun informasi rahasia Anda??


Hacking pada Manusia
      Tidak hanya sistem atau mesin yang rawan menjadi kkorban hacking, manusia pun memiliki kmelemahan-kelemahan tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang memiliki itikad buruk. Dalam bidang keamanan komputer, teknik-teknik yang digunakan untuk mngelabui manusia agar membocorkan akses atau informasi rahasia disebut dengan social engineering.
      Selama mesin belum menjajah manusia, dalam arti manusia masih memiliki otoritas untuk mengoperasikan sistem, maka social engineering tetap menjadi ancaman serius. Seaman apapun sistem tersebut, jika sisi manusia yang memiliki hak otoritas dapat di-hack, maka sistem akan jatuh ke tangan dan kekuasaan yang salah.
      Sebagian orang mungkin meremehkan social engineering. Pikiran logis mengatakan bagaimana mungkin seseorang terkecoh dengan tipuan yang terkadang terlihat sederhana. Tetapi seorang security expert seperti Kevin Mitnick (yang juga mempopulerkan istilah social engineering adalah metode yang efektif.

Pola Kelemahan manusia
      Social engineering mempelajari kebiasaan dan tingkah laku yang dapat di-exploit. Pada berbagai kasus penipuan, sebuah pesan dalam bentuk email/sms atau lainnya, akan berusaha membujuk target dengan berbagai cara rekayasa. Beberapa contoh yang pernah mungkin kita temui: SMS yang berpura-pura menjadi orang tua dari penerima dan minta ditransfer pulsa, email yang berisi ajakan berinvestasi, telepon penawaran voucher gratis. Sekilas mungkin terlihat seperti usaha yang sia-sia dan kurang canggih, tetapi siapa yang tahu kondisi psikologi seseorang yang bisa saja mempengaruhi tindakannya??
      Sama halnya saat social engineering diaplikasikan di ranah security, misalnya metode social engineering yang berusaha memancing rasa penasaran dari ketertarikan orang dengan mengirimkan link disertai pesan berbau poronografi, provokasi, atau hal lainnya melalui client messenger/e-mail, yang sebenarnya  mengarahkan target untuk men-download malware yang akan menginfeksi system computer saat dijalankan.
      Contoh lain, sebuah malware dapat menyamar sebagai aplikasi antivirus palsu dengan membawa brand perusahaan terkenal dalam bidang keamanan, tetapi justru mencuri informasi berharga pada system computer target saat dijalankan. Usaha pencurian data kartu kredit dengan social engineering juga kerap kali membawa nama bank besar, dan dapat dating dari berbagai media komunikasi, seperti telepon, e-mail, dan lain-lain.
      Social engineering juga tidak selalu melakukan interaksi langsung dengan targetnya. Ia dapat mengumpulkan informasi dari ketidakwaspadaan Anda, misalnya mengorek tempat sampah untuk meneliti catatan yang telah dibuang (disebut dengan istilah dumpster diving). Teknologi internet juga memudahkan penyerang mencari informasi mengenai seseorang di search engine, jejaring social, mailing list, dan lainnya.

Social Engineering di Balik Teknologi
      Pada system computer, praktik social engineering semakin bervariasi dan berbahaya, karena dapat menggunakan teknologi itu sendiri sebagai tool, dan memanfaatkan ketidaktahuan pengguna pada kompleksitas sistem. Contoh: malware yang meniru icon atau nama file aplikasi popular, teknik phishing yang meniru website terpercaya, atau pharming (DNS cache poisoning) yang mengalihkan website tujuan ke website palsu.
      Contoh berikut menunjukkan social engineering menggunakan salah satu metode pharming, dengan melakukan modifikasi file hosts yang digunakan sistem operasi untuk memetakan host-name ke alamat IP. Jika file hosts (pada sistem operasi Windows berada pada folder WINDOWS/System32/drivers\etc) berisi baris berikut:
127.0.0.1   www.facebook.com 
        Maka saat browser diarahkan ke facebook.com, alamat akses akan dialihkan ke IP 127.0.0.1 (umumnya digunakan oleh localhost). Bayangkan jika IP 127.0.0.1 diganti dengan IP websitetiruan facebook.com yang terdapat script untuk menyimpan username dan password yang diketikkan, pengguna yang tidak sadar sedang mengakses malicious website akan menjadi social engineering. Usaha untuk memodifikasi file hosts dapat dilakukan penyerang melalui malware ataupun jika dimungkinkan, melakukan kontak fisik ke komputer target dengan memanfaatkan kesempatan yang direkayasa.

Pencegahan
        Dengan mengetahui metode-metode social engineering, kita dapat mencegahnya dengan meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan. Dua hal ini berkaitan erat. Kewaspadaan dapat meningkat jika Anda banyak mendapatkan pengetahuan mengenai isu dan risiko keamanan. Dalam lingkungan sebuah organisasi, prosedur dan kebijakan yang diiringi sosialisasi dan edukasi yang baik, dapat diterapkan agar setiap personel dalam lingkungan kerja memahami tujuan prosedur dan kebijakan itu sendiri.
      Pada perusahaan yang memiliki area yang memerlukan tingkat keamanan tinggi, diperlukan pencegahan serangan social engineering yang dapat terjadi secara langsung/fisik. Untuk ini dukungan teknologi dapat membantu, tentunya ditunjang manajemen yang baik. Contohnya penggunaan ID card tanpa terkecuali bagi siapapun yang keluar masuk ruangan/gedung. Tempat khusus untuk perlindungan pada dokumen penting, penggunaan CCTV, dan sebagainya.
      Peralatan canggih tidak berarti aman dari social engineering. Kebiasaan-kebiasaan seperti staff mana yang bertugas, kapan ruangan tertentu kosong, kapan tempat sampah dibersihkan, merupakan incaran untuk di-exploit akan membantu untuk menentukan strategi pencegahan yang wajar dan realistis. Keamanan tidak selalu identik dengan lingkungan yang terpenjara dan orang-orang yang selalu curiga, terutama bagian-bagian yang berinteraksi dengan pihak luar/customer (help desk, billing, dan lain-lain).
      Dalam ruang lingkup individu, Anda tidak harus menjadi seorang IT expert. Berpikir secara rasional akan banyak membantu menghalau serangan social engineering. Misalnya jika Anda hobi mengungkapkan curahan hati di blog, tentu memiliki konsekuensi orang yang tidak dikenal mengetahui banyak hal tentang Anda.
      Logikanya, Anda tidak perlu bersimpati dan merasa menemukan soulmate saat seseorang yang baru dikenal seakan memahami semua masalah Anda. Jika Google mampu menampilkan curhat Anda ke orang lain, maka akan membuat siapapun dapat melakukan social engineering dengan pendekatan persuasif.
Read More..

Wednesday, February 2, 2011

5W + 1H dan Blogging??

Terinspirasi dari pelajaran dibangku kuliah mengenai 5W dan 1H. Pasti Anda bertanya-tanya apa itu 5W dan 1H,  jawabannya adalah what, where, when, who, whom, dan how. Dan ternyata tidak hanya dalam mata kuliah atau pelajaran saja, 5W dan 1H dapat diterapkan pada blogging dan dapat diaplikasikan, benarkah? langsung saja kita share bareng, ini dia :

1. WHAT
Apa ==> topik / konten utama dari blog yg dibuat dan tujuannya. Istilah kerennya, visi dan misi.
Apakah wide topic ato narrow / niche-specific. Apakah untuk sekedar untuk asik-asik aja, memamerkan produk, memusuhi produk, dsb. Ini adalah langkah utama yg harus jelas karena akan berkaitan dengan poin-poin yg lain.
Kebanyakan blogger membuat blog secara asal. Pokoknya tinggal cari topik (biasanya yang high-paying keyword) dan posting. Ini adalah kesalahan dasar yangg sering dilakukan karena meskipun blog anda memiliki konten terfokus sekalipun, konsepnya tidak akan jelas.

2. WHO
Siapa ==> siapakah si blogger / penulis / pemilik blog. Bagaimana karakteristik, sifatnya, dll.
Pada awalnya, blog disamakan dengan diary. Dengan membaca blog milik orang lain, sedikit banyak kita tau karakteristik dari pemilik blog tersebut. Hal ini pun sebenarnya HARUS diberlakukan pada blog-blog yg adsense-oriented karena akan memberikan nyawa dan karakteristik sendiri terhadap blog tersebut.
Sebagai contoh, liat Engadget, Boing-Boing, dll. Mereka punya style yang berbeda. Dan yang paling penting, tidak datar alias mati.
Bagaimana membentuk karakteristik ini harus dilihat dulu dari poin sebelumnya. Dari sana kita bisa memperkirakan, kira-kira karakteristik apa yang cocok. Tidak ada yg melarang Anda untuk TIDAK menjadi diri anda sendiri di blog, walaupun tentu disarankan untuk be yourself.
Contoh karakteristik blogger: sinis, sok pintar, bego, romantis, dsb.
Saya lupa, tapi saya pernah baca sebuah blog yg memiliki gaya penulisan yang bener2 unik, yaitu menggunakan kata ganti orang ketiga. Ini bisa dimasukkan ke dalam karakteristik di atas. Jadi tidak hanya sifat saja, tapi juga cara penulisan.
Kenapa susah2 membentuk karakter?
Karena ini akan membuat visitor anda merasa bahwa mereka berhadapan dg orang, bukan mesin yg sekedar melakukan CTRL+C CTRL+V. Ini membuat mereka merasa nyaman dan betah membaca tulisan Anda.

3. WHOM
Siapa ==> target visitor anda
untuk menentukan poin 2, tentunya Anda juga harus tau siapa target visitor Anda dan bagaimana kira2 karakteristik mereka. Jangan menulis tentang musik klasik tentang dengan karakter dan cara penulisan yang kasar dan menggebu2. Gak nyambung kan?

4. HOW
Bagaimana ==> bagaimana menulis posting / artikel / berita
Poin 4 adalah implementasi dari ketiga poin di atas. Setelah kita mendapatkan karakter yang kita mau, terapkan dalam posting yang kita buat. If you play smart, make people think that you’re really smart. Vice versa. So on. Libatkan diri anda sebisa mungkin dalam tulisan yang dibuat, termasuk keluarga, teman, tetangga, musuh, artis, bahkan presiden sekalipun. Libatkan perasaan anda. Tunjukkan bahwa anda benar” menulis apa yg anda rasakan, bukan sekedar yang anda tau.
Jangan lupa, Anda TIDAK HARUS mencintai topik yang anda tulis. Anda bisa saja menulis karena MEMBENCINYA. Dan karena anda membencinya, tunjukkan bahwa anda benci. Maki” kalo perlu.
Yang diatas sekedar contoh aja smile 5W + 1H Untuk Blogging intinya adalah libatkan diri dan perasaan anda sesuai dg poin 1 dan 2. Beri nyawa pada tulisan anda.

5. WHEN
kapan ==> cari waktu yg tepat untuk mempublish artikel anda
ini sebenarnya adalah teknik advance. Setiap topik memiliki waktu publish efektif yang berbeda2 tergantung dari poin 3 di atas, yaitu visitor. Cara paling gampang untuk mempelajari ini adalah melalui statistik situs (Site Meter, Extreme Tracking, Google Analytic, dll).
contoh: situs tentang teknologi atau gadget akan mengalami penurunan visitor di akhir minggu, sebaliknya situs tentang entertainment akan mengalami peningkatan di waktu yg sama (berdasar pengamatan pribadi)
tentunya anda baru bisa mengimplementasikan poin terakhir ini jika visitors sudah cukup banyak smile 5W + 1H Untuk Blogging Jadi jangan pikirkan dulu tentang ini sampai blog Anda mapansmile 5W + 1H Untuk Blogging

6. WHERE
gak ada. Emang mestinya 4W + 1H kok biggrin 5W + 1H Untuk Blogging
Bagaimana? Sudah mengerti kah maksud dari konsepan diatas?hehehe,,,,,
good luck, met blogging….

Read More..