Wednesday, February 2, 2011

5W + 1H dan Blogging??

Terinspirasi dari pelajaran dibangku kuliah mengenai 5W dan 1H. Pasti Anda bertanya-tanya apa itu 5W dan 1H,  jawabannya adalah what, where, when, who, whom, dan how. Dan ternyata tidak hanya dalam mata kuliah atau pelajaran saja, 5W dan 1H dapat diterapkan pada blogging dan dapat diaplikasikan, benarkah? langsung saja kita share bareng, ini dia :

1. WHAT
Apa ==> topik / konten utama dari blog yg dibuat dan tujuannya. Istilah kerennya, visi dan misi.
Apakah wide topic ato narrow / niche-specific. Apakah untuk sekedar untuk asik-asik aja, memamerkan produk, memusuhi produk, dsb. Ini adalah langkah utama yg harus jelas karena akan berkaitan dengan poin-poin yg lain.
Kebanyakan blogger membuat blog secara asal. Pokoknya tinggal cari topik (biasanya yang high-paying keyword) dan posting. Ini adalah kesalahan dasar yangg sering dilakukan karena meskipun blog anda memiliki konten terfokus sekalipun, konsepnya tidak akan jelas.

2. WHO
Siapa ==> siapakah si blogger / penulis / pemilik blog. Bagaimana karakteristik, sifatnya, dll.
Pada awalnya, blog disamakan dengan diary. Dengan membaca blog milik orang lain, sedikit banyak kita tau karakteristik dari pemilik blog tersebut. Hal ini pun sebenarnya HARUS diberlakukan pada blog-blog yg adsense-oriented karena akan memberikan nyawa dan karakteristik sendiri terhadap blog tersebut.
Sebagai contoh, liat Engadget, Boing-Boing, dll. Mereka punya style yang berbeda. Dan yang paling penting, tidak datar alias mati.
Bagaimana membentuk karakteristik ini harus dilihat dulu dari poin sebelumnya. Dari sana kita bisa memperkirakan, kira-kira karakteristik apa yang cocok. Tidak ada yg melarang Anda untuk TIDAK menjadi diri anda sendiri di blog, walaupun tentu disarankan untuk be yourself.
Contoh karakteristik blogger: sinis, sok pintar, bego, romantis, dsb.
Saya lupa, tapi saya pernah baca sebuah blog yg memiliki gaya penulisan yang bener2 unik, yaitu menggunakan kata ganti orang ketiga. Ini bisa dimasukkan ke dalam karakteristik di atas. Jadi tidak hanya sifat saja, tapi juga cara penulisan.
Kenapa susah2 membentuk karakter?
Karena ini akan membuat visitor anda merasa bahwa mereka berhadapan dg orang, bukan mesin yg sekedar melakukan CTRL+C CTRL+V. Ini membuat mereka merasa nyaman dan betah membaca tulisan Anda.

3. WHOM
Siapa ==> target visitor anda
untuk menentukan poin 2, tentunya Anda juga harus tau siapa target visitor Anda dan bagaimana kira2 karakteristik mereka. Jangan menulis tentang musik klasik tentang dengan karakter dan cara penulisan yang kasar dan menggebu2. Gak nyambung kan?

4. HOW
Bagaimana ==> bagaimana menulis posting / artikel / berita
Poin 4 adalah implementasi dari ketiga poin di atas. Setelah kita mendapatkan karakter yang kita mau, terapkan dalam posting yang kita buat. If you play smart, make people think that you’re really smart. Vice versa. So on. Libatkan diri anda sebisa mungkin dalam tulisan yang dibuat, termasuk keluarga, teman, tetangga, musuh, artis, bahkan presiden sekalipun. Libatkan perasaan anda. Tunjukkan bahwa anda benar” menulis apa yg anda rasakan, bukan sekedar yang anda tau.
Jangan lupa, Anda TIDAK HARUS mencintai topik yang anda tulis. Anda bisa saja menulis karena MEMBENCINYA. Dan karena anda membencinya, tunjukkan bahwa anda benci. Maki” kalo perlu.
Yang diatas sekedar contoh aja smile 5W + 1H Untuk Blogging intinya adalah libatkan diri dan perasaan anda sesuai dg poin 1 dan 2. Beri nyawa pada tulisan anda.

5. WHEN
kapan ==> cari waktu yg tepat untuk mempublish artikel anda
ini sebenarnya adalah teknik advance. Setiap topik memiliki waktu publish efektif yang berbeda2 tergantung dari poin 3 di atas, yaitu visitor. Cara paling gampang untuk mempelajari ini adalah melalui statistik situs (Site Meter, Extreme Tracking, Google Analytic, dll).
contoh: situs tentang teknologi atau gadget akan mengalami penurunan visitor di akhir minggu, sebaliknya situs tentang entertainment akan mengalami peningkatan di waktu yg sama (berdasar pengamatan pribadi)
tentunya anda baru bisa mengimplementasikan poin terakhir ini jika visitors sudah cukup banyak smile 5W + 1H Untuk Blogging Jadi jangan pikirkan dulu tentang ini sampai blog Anda mapansmile 5W + 1H Untuk Blogging

6. WHERE
gak ada. Emang mestinya 4W + 1H kok biggrin 5W + 1H Untuk Blogging
Bagaimana? Sudah mengerti kah maksud dari konsepan diatas?hehehe,,,,,
good luck, met blogging….

0 komentar:

Post a Comment