Monday, February 28, 2011

Pentingnya Loading Time pada Website

Tugas Desain Web dan Animasi
Dosen : Achmad Bachris
Oleh : Suhepi Saputri (1309220492/TKJ4B)


Dalam memperindah suatu website, banyak tools dan gadget pada website yang kita gunakan. Tetapi seiring dengan banyaknya tools dan gadget tersebut kita lupa akan size (ukuran) website kita, yang berakibat pada bertambahnya lama loading yang kita perlukan dalam membuka website.

Kecepatan website merupakan salah satu bagian penting dalam optimasi website bagi user maupun search engine. Semakin cepat website diakses, semakin sedikit waktu yang dihabiskan oleh user untuk menunggu, dengan ini mereka akan merasa nyaman menjelajahi website anda. Tetapi semakin lama mereka harus menunggu, maka kebanyakan dari user akan berpindah ke website lain, karena umumnya mereka tidak ingin menghabiskan waktu menunggu loading website.

Oia, sebelumnya saya jelaskan dulu apa yang dimaksud dengan loading time pada website. Loading time adalah waktu yang diperlukan suatu website untuk membuka konten-konten dalam website tersebut. Seorang admin web tentu tidak ingin viewer cepat-cepat meninggalkan webnya. Nah, untuk membuat para user tidak bosan akibat lamanya loading time website kita, beberapa tips di bawah ini mungkin dapat membantu.

• Pastikan anda tidak menggunakan terlalu banyak PLUGIN.

• Gunakan GAMBAR seperlunya dan tidak terlalu besar.
Gambar pada setiap artikel anda atau gambar theme juga perlulah dioptimize karena jika gambar yang digunakan berkualitas tinggi, ini sebenarnya akan memberikan kesan kepada pengguna broadband (maxis, digi, celcom). Mereka ini menggunakan gelombang, jadi untuk loading semua data di website anda akan mengambil masa yang lama. Terlalu banyak gambar juga memberikan efek penuh pada halaman website selain memperpanjang loading time.

• Pastikan anda tidak menggunakan terlalu banyak WIDGET.
Sebaiknya hindari pemakaian widget yang berlebihan bila tidak memeberikan manfaat. Belum tentu user suka dengan widget yang kita pasang

• Mengunakan READ MORE pada setiap artikel anda.
Kelebihan menggunakan “read more” adalah artikel anda yang terlalu panjang akan dipendekkan supaya keseluruhan artikel anda tidak ditunjukkan di muka hadapan website anda. Ini dapat memangkas masa loading website anda.

• Pemilihan SERVER HOSTING yang terdekat atau mengikut TARGET
sebelum anda membeli hosting, pastikan anda lihat siapa target user anda? Jika market terbesar website anda adalah orang Malaysia, jadi saya sarankan anda gunakan server hosting yang berada di Malaysia. Server hosting yang dekat dapat memangkas masa dan melajukan loading website.

Standar size suatu website yang baik adalah 100kb. Silahkan cek website anda di sini



Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)


 


(eg.iwebtool.com)

 
 


 


0 komentar:

Post a Comment